5 Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Dicoba

Anda tengah road trip Jawa Tengah? Jangan lupa untuk mencoba berbagai olahan masakannya. Karena makanan yang dibuat dan dimakan di tanah asalnya akan memiliki cita rasa yang berbeda dibanding dibuat di tempat lain. Simak ulasan berikut untuk mengetahui makanan khas Jawa Tengah yang nikmat dan unik.

5 Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Dicoba

Menyambangi suatu daerah kurang lengkap jika tidak mencoba makanan khasnya. Apalagi jika ternyata makanan itu di luar image yang dibangun daerah itu, tentu akan menambah sensasi kenikmatannya. Begitu juga dengan Jawa Tengah yang ternyata memiliki santapan pedas yang wajib dicoba.

1. Brekecek

Makanan dengan bahan dasar kepala ikan ini berasal dari Cilacap. Brekecek berasal dari kata “brek” yang artinya diletakkan dan “dikece-kecek” yang artinya dicampur. Karena memang, bumbu yang digunakan sangat beraneka ragam yang kemudian dicampur menajdi satu. Cita rasanya pedas dan lezat.

2. Garangasem

Makanan pedas nan segar berbahan dasar daging ayam ini berasal dari Grobogan. Dibalik rasanya yang enak, tak disangka ternyata cara membuatnya cukup mudah. Daging ayam yang telah dimarinasi diberi santan yang telah dibumbui kemudian dibungkus dengan daun pisang. Selanjutnya kukus hingga matang.

3. Kraca

Kraca merupakan nama lain dari keong mas atau keong sawah. Di Banyumas, makanan ini dioleh menjadi makanan pedas dengan bumbu pala, lada, garam, dan bumbu penyedap lainnya. Tak hanya nikmat, kraca juga memiliki nilai gizi yang tinggi dan mineral yang penting bagi tubuh Anda.

4. Pindang serani

Makanan berkuah dengan bahan utama ikan ini, berasal dari Jepara Jawa Tengah. Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan kakap merah dan putih. Namun, bisa juga menggunakan ikan hasil budidaya seperti nila, patin, kerapu, mujair, dan bandeng yang direbus. Sementara kuahnya bawang, tomat, daun kemangi, sereh dan belimbing wuluh.  Rasanya segar dan menggugah selera.

5. Soto kemiri

Makanan yang berasal dari Pati Jawa Tengah ini telah melegenda. Soto ini terdiri dari taoge, seledri, bawang gorang, dan suwiran ayam yang terbilang sedikit. Sementara siraman kuahnya terbuat dari santan encer dengan bumbu kemiri dengan warna kuning yang berasal dari kunyit.

            Kelima masakan pedas ini tentu belum bisa mewakili seluruh masakan khas Jawa Tengah yang begitu banyak. Apalagi bumbu yang digunakan pun amat beragam, tentu cita rasanya pun unik dan lezat. Maka, jika Anda tengah road trip Jawa Tengah, sisihkanlah waktu untuk mencicipi semua masakannya.