Review SteelSeries TusQ

Headset In Ear Terbaik untuk Gaming, Bukan untuk Musik?

Steelseries merupakan brand yang terkenal dengan rangkaian produknya untuk gaming. Mulai dari mouse dengan, keyboard, hingga headset. Headset SteelSeries yang satu ini adalah seri TusQ yang merupakan produk yang simpel saja dan tidak banyak fitur.

Kenapa dibuat simpel, karena ini adalah headset untuk pengguna mobile.

1.     Packaging

Dengan packaging warna orange mencolok, sangat menarik dan sangat gaming punya. Ketika dibuka, ada box lagi di dalamnya dan terlihat headset-nya dalam wadah yang menjaganya agar tidak bergeser. Penempatannya sendiri terlihat cukup estetik dan tidak biasa, berbeda dengan merk lain yang kadang terlihat berantakan.

2.     Bonus

Di  bawahnya ada bonus berupa pouch untuk membawa headset-nya. Bahannya kain hitam dan bisa diserut. Kita juga mendapatkan earpiece tambahan yang ukuran large dan small, sedangkan yang sudah terpasang adalah ukuran medium.

Di dalam packaging-nya juga disediakan buku manual yang membahas cara penggunaan.

3.     Desain

Desain untuk kabelnya standar tidak terlalu tebal atau tipis. Kabelnya bisa dibilang kurang berkualitas karena masih mudah kusut dan rubber-nya agak seret. Ujung kabelnya silver plated.

Di bagian tengah kabel ada in-line mic, ada mute button untuk mic-nya dan ada satu media button yang bisa digunakan untuk play dan previous. Ketika dicoba di HP, satu klik berarti play dan dua klik berarti previous.

Desainnya menggunakan ear hook tetapi tidak ada pilihan untuk melepasnya. Ketika kita tidak sedang ingin tampil mencolok tidak bisa karena tidak bisa dilepas.

Pada bagian samping terdapat silver plated dan ada logo SteelSeries. Ada satu colokan untuk mic juga, yang jika dicolokkan ke PC dengan grounding buruk bisa menyetrum. Ada juga colokan untuk menyambungkan bu mic yang akan otomatis aktif begitu dicolokkan dan non aktif jika dilepas.

4.     Cara Penggunaan

Cara penggunaan cukup simpel, masukkan hook ke bagian atas telinga dan earpiece ke dalam telinga dan kalian akan langsung terlihat seperti customer service perusahaan.

5.     Universal

Headset ini termasuk headset universal yang bisa digunakan di banyak device. Termasuk bisa juga digunakan pada daul sense, dual shock, xbox controller, PC, laptop, dan juga smartphone.

6.     Audio Quality

Untuk mendengarkan musik, headset ini kurang cocok karena separasinya berantakan, low nya kurang deep, bass nya terlalu kemana-mana, mic nya cukup keras sehingga membuat kita cepat capek ketika mendengarkan lagu.

7.     Mic Quality

Berkebalikan dengan audio quality-nya yang kurang oke, mic quality-nya sudah sangat baik. Terutama bu mic nya sudah mampu melakukan noise cancellation cukup optimal dibandingkan mic nya yang biasa.

Mic ini cocok dan memang dirancang untuk bermain game sambil discord-an. Tetapi pastikan dulu bahwa colokan di laptop kalian untuk headset dan mic-nya jadi satu.

Headset ini sangat cocok untuk penggunakan di smartphone untuk main PUBG, free fire, mobile legend. Terakhir, ini sangat cocok untuk dipakai zoom meeting.

8.     Game Performing

Ketika dipakai untuk main game, headset ini tidak ada keluhan sama sekali dan sudah cukup nyaman. Apalagi kita bisa mengetahui dari arah mana musuh datang, sudah mantap banget.

Kesimpulan, dengan harga sekitar 590 ribuan, headset ini cukup berat untuk direkomendasikan karena seperti membeli sebuah earphone yang mic-nya bagus, enak untuk ngobrol, enak untuk main game, ringan, tidak mudah jatuh. Tetapi, untuk mendengarkan lagu terasa sangat mudah capek sehingga kurang worth it.